Pengaturan Costing Method & Inventory Valuation di Odoo 14
Halo, teman-teman! Bagaimana kabar kalian? Semoga bahagia dan sehat selalu ya. Pada kesempatan ini, saya akan sharing mengenai pengaturan costing method dan inventory valuation yang terdapat pada modul inventory di Odoo 14. Jadi, kedua pengaturan tersebut dapat kita temukan pada saat kita akan membuat product categories di modul inventory. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu per satu.
A. Inventory Valuation
Untuk inventory valuation, terdapat dua pengaturan yang dapat kita pilih. Yaitu manual dan otomatis. Jika kita pilih pengaturan manual, saat kita melakukan transaksi dari setiap produk yang masuk ke kategori tersebut, maka jurnal entrynya tidak akan muncul otomatis oleh sistem, melainkan diinput manual oleh user. Sedangkan untuk pengaturan inventory valuation yang otomatis, setiap kita melakukan transaksi dari produk yang masuk kategori tersebut, maka jurnalnya akan langsung muncul otomatis dari sistem. Langkah-langkah melakukan pengaturan inventory valuation adalah sebagai berikut:
- Buka modul inventory
- Pilih configuration
- Pilih Product Categories lalu klik create
- Setelah itu lakukan pengaturan inventory valuation sesuai dengan keinginan maupun kebutuhan kalian
- Untuk pengaturan otomatis, maka akan muncul pengaturan tambahan mengenai akun-akun yang dibutuhkan sistem untuk menerbitkan jurnal ketika suatu transaksi dibuat
- Masuk ke menu products
- Lalu buat produk baru
- Atur product categories dari produk sesuai dengan Product Categories yang sebelumnya telah kita buat
- Jika sudah maka klik save
- Coba lakukan pembuatan mutasi penerimaan dengan membuat PO sesuai dengan produk yang sudah disetting categorynya. Jika pengaturan inventory valuation diatur sebagai manual, maka jurnal tidak akan muncul. Sedangkan jika inventory valuation diatur sebagai otomatis, maka jurnal akan muncul ketika kita mengecek di modul accounting, lalu klik sub accounting, dan pilih journal entries.
B. Costing Method
Pengaturan Costing Method dapat kita temukan pada saat ingin membuat suatu Produk Category, sama seperti Inventory Valuation. Untuk Costing Method, terdapat 3 pengaturan yang dapat kita pilih pada aplikasi Odoo 14, dimana pengaturan tersebut terdiri dari:
- Standard Cost
Jika kita memilih Standard Cost, maka harga yang muncul pada jurnal adalah harga yang terdapat pada form produk itu sendiri, bukan data harga yang dicantumkan pada saat pembuatan Purchase Order (PO). - First In First Out (FIFO)
Konsep First In First Out (FIFO) adalah jika ada barang yang masuk terlebih dahulu, maka barang itulah yang akan keluar dahulu. Sehingga misal kita memiliki PO dengan harga barang 1000, lalu kita membuat lagi PO yang kedua dari barang yang sama dengan harga 2000, maka barang yang akan keluar terlebih dahulu adalah barang dengan harga 1000 lalu baru 2000. Hal tersebut dapat kita lihat pada jurnal entries yang terdapat pada modul accounting. - Average Cost (AFCO)
Konsep Average Cost (AFCO) adalah konsep dimana harga yang diambil pada saat melakukan penjualan yaitu harga rata-rata dari beberapa PO yang ada. Misalnya kita memiliki PO ke-1 yaitu dengan harga 2000, lalu PO ke-2 dengan harga 3000, maka harga barang pada saat barang tersebut dikeluarkan adalah rata-rata dari kedua PO tersebut, yaitu 2500.
0 comments