Odoo 14 (Accounting) - PDF Reports

By Annisa Rizkiana - Oktober 15, 2021

Hi, everyone! Di postingan ini saya akan membahas mengenai PDF Reports dari modul accounting yang ada di aplikasi Odoo versi 14. Namun, sebelum itu izinkan saya untuk membahas terlebih dahulu mengenai skenario transaksi yang dapat difasilitasi dengan modul accounting. Untuk mempermudah penjelasan mengenai skenario transaksi ini, maka kalian bisa lihat diagram berikut atau kunjungi link disini

Dari diagram diatas, dapat kita ketahui bahwa terdapat 3 pihak yang memiliki peran dalam proses transaksi. Pihak pertama adalah perusahaan kita misalnya yang saya beri nama PT Colter. Kemudian pihak yang kedua adalah PT Azure Interior yang berperan sebagai supplier dari perusahaan atau PT Colter. Sedangkan pihak yang ketiga adalah PT Deco Addict yang berperan sebagai customer dari perusahaan atau PT Colter.
 
Skenario ini memiliki dua alur transaksi yaitu Procure to Pay dan Order to Cash. Penjelasannya adalah sebagai berikut. 
  1. Procure to Pay
    Di proses ini, PT Colter akan melakukan pembelian barang kepada supplier yaitu PT Azure Interior. Maka langkah awalnya yaitu dengan membuat Request for Quotation atau RFQ lalu mengirimkannya kepada PT Azure Interior. Setelah memperoleh Quotation dari supplier dan sudah sesuai, maka klik confirm order sehingga RFQ akan berubah menjadi Purchase Order (PO) dan proses pengiriman barang bisa dimulai. Jika barang yang diterima sesuai maka akan dilakukan validasi oleh bagian gudang. Setelah itu akan dilakukan proses pembayaran yang akan ditangani oleh bagian accounting, dimana mereka akan membuat vendor bill dari PO sebelumnya lalu jika sudah sesuai maka akan divalidasi dan pembayaran akan dilakukan. Lalu jika sudah melakukan pembayaran, maka klik register payment sehingga status berubah menjadi paid.

  2. Order to Cash
    Untuk proses order to cash ini, maka disini PT Colter akan berperan sebagai supplier atau pihak yang mengirimkan barang kepada customer kita yang di kasus ini adalah PT Deco Addict. Oleh karena itu langkahnya dimulai dari pembuatan Quotation berdasarkan RFQ yang telah dikirimkan
    PT Deco Addict kepada PT Colter. Kemudian jika sudah sesuai klik confirm order, maka Quotation yang sebelumnya akan berubah menjadi Sales Order. Lalu proses selanjutnya akan ditangani oleh bagian gudang dimana mereka akan menemukan Delivery Order berdasarkan Sales Order sebelumnya. Sehingga jika proses pengecekan barang sudah sesuai maka proses pengiriman akan dilakukan. Kemudian jika PT Deco Addict sudah menerima barang yang kita kirimkan maka bagian accounting akan membuat Customer Invoice dengan tujuan menagih pembayaran. Lalu jika PT Deco Addict sudah melakukan pembayaran, maka bagian accounting akan melakukan register payment sehingga statusnya berubah menjadi paid.
Nah, itu dia teman-teman skenario transaksi yang dapat kita lakukan dengan modul accounting. 
 

PDF REPORTS - MODUL ACCOUNTING - ODOO 14
 
Di modul Accounting, kita bisa melihat laporan yang sudah disediakan oleh Odoo. Disini, kita akan membahas mengenai laporan yang sering digunakan yaitu:
  1. General Ledger
    General Ledger dapat disebut juga sebagai buku besar dimana laporan ini cukup lengkap karena memuat akun-akun beserta mutasinya berdasarkan COA atau Chart of Account

  2. Trial Balance
    Dalam akuntansi, neraca saldo atau trial balance adalah laporan pembukuan atau akuntansi yang mencantumkan saldo di setiap akun buku besar umum organisasi. Jumlah saldo debet terdaftar di kolom dengan judul “Saldo debet” dan jumlah saldo kredit terdaftar di kolom lain dengan judul “Saldo kredit.” Total masing-masing dari kedua kolom ini harus sama.
     
    Trial balance bukanlah laporan keuangan. Ini merupakan laporan internal yang berguna dalam sistem akuntansi dan pembukuan manual. Jika saldo pada neraca tidak seimbang, itu menandakan adanya kesalahan antara jurnal dan neraca saldo. (Sumber: accurate.id)

  3. Balance Sheet
    Laporan ini merupakan laporan untuk menggambarkan kekayaan, kewajiban, serta modal di akhir periode akuntansi perusahaan yang sebenarnya.(Sumber: finansialku.com)

  4. Profit & Loss
    Laporan ini memuat 2 komponen utama, yaitu laba dan rugi.


Sekian teman-teman pembahasan mengenai PDF Reports di Odoo 14. Semoga tulisan ini dapat dipahami dan bermanfaat bagi teman-teman semua.
 
Untuk lebih jelasnya, teman-teman bisa cek video berikut ini mengenai tahapan untuk membuat PDF Report di Odoo 14. Saran dan kritik dipersilahkan. Terima kasih :)
 

 

  • Share:

You Might Also Like

0 comments